28 October 2013

Copet yang Tertangkap Basah

Ketika seorang copet tertangkap basah melakukan aksinya, apa yang terpikir oleh kebanyakan dari kita? Di Indonesia, tentu saja bakal babak belur dihajar massa! Tapi kejadian yang dialami seorang teman ini luar biasa: copetnya ketangkep, dia yang ditonjok. I don’t wanna live on this planet anymore!

Kejadian ini sudah cukup lama sebenarnya, dialami oleh seorang teman kampus saya pada hari Jumat, 18 April 2009.
Jadi ceritanya teman saya, sebut saja Rendy, sore hari itu mau pulang ke rumahnya naik kereta ekonomi dari stasiun UI Depok menuju Kota. Si Rendy ini bareng teman saya yg lain, sebut saja Salmin.

Pas baru mau masuk kereta, terjadilah dorong2an-ala-kereta-ekonomi seperti biasanya. Si Rendy ini didorong2 dari belakang. Pas udah di dalem, Rendy nyadar klo henponnya yg ditaro di kantong celana udah raib! Trus dia langsung miskol hapenya yg ilang pake hape yg satu lagi, soalnya tu hape pasti masi ada di deket2 situ. Begitu dimiskol, eh bener ada bunyinya!!!

Langsung dong dia cari sumber suaranya. Ternyata hapenya lagi dipegang ama abang2 gitu. Katanya Rendy mungkin dia baru mau matiin tu hape. Trus si Rendy langsung mau ngambil hapenya dari tangan tu abang. Pas tinggal beberapa jengkal lagi, tiba2 ada yang narik dia dari belakang. Trus mukenye ditonjok 2 kali, abis itu dibanting ke lantai. Ternyata copetnya ada beberapa orang, dan mukanya pada ga jelas saking jeleknya. Ngga deng, ga jelas soalnya gerbongnya gelap. Katanya itu emang gerbong paling ujung.

Karena merasa terpojok dan dikelilingi para copet-yang-banci-banget-beraninya-keroyokan, akhirnya Rendy bangun dan bilang “maap bang, mungkin emang saya yg salah”. Trus dia nyalamin abang2nya. Eh abang2nya malah nantangin dia berantem ato apalah yg tujuannya nggertak teman saya itu.

What da HELL!!!!???? Saya ga bilang teman saya cemen karena ga bisa mengambil haknya yg dirampas. Tapi memang itulah yg terjadi kalo kita udah di KERETA EKONOMI. Orang2 di kereta mah mana ada yg peduli. Kalau belum yakin bisa menang lawan mereka, memang paling masuk akal untuk cari aman saja.

Kenapa lebih baik diam daripada ikut melawan para pencopet di kereta ekonomi? Pertama, pintu kereta nya ga ada. Kedua, pencopet model begini ga keberatan untuk membunuh! Seorang teman pernah cerita, kejadiannya hampir sama. Bedanya orang yang diceritakan teman ini melawan, akhirnya di hajarlah dia oleh pencopet sampai jatoh dari kereta. Yes, itu orang lewat alias meninggal.

Saya sendiri pernah menyaksikan langsung kejadian semacam ini. Di kereta ekonomi , seorang perempuan muda nyandar dekat pintu (yang terbuka tentunya). Ga lama setelah kereta mulai jalan (masih di stasiun), tiba2 seorang abang2 menyambar kalung cewek itu dan langsung loncat ke peron. Kemudian diikutin 3 sampai 4 orang lainnya. Ya, mereka beraksi ga cuman sendiri, mungkin buat jaga2 kalau ada yang melawan. Dan tentunya sudah berpengalaman juga, karena orang biasa ga mungkin bisa loncat dari kereta yang udah jalan lumayan kenceng tanpa jatuh guling2an. They’re well trained and organized.

Saya tidak menyarankan untuk jadi pengecut. Seperti yang saya bilang, kalau ga yakin bisa menang, mendingan cari aman. Toh harta ini yang diambil, nyawa jaga deh baik2. Tapi kalau sekiranya bisa menang, misalnya yang mau bela banyak, copetnya cuman sendiri, hajar deh tuh. Kalau semua orang di kereta sevisi, harusnya bisa bonyok2 itu copet.

Jadi kapan waktu Anda mengalami hal serupa, ingat2lah kekuatan kubu masing2. Jika yakin bisa menang , lawan. Jika ragu2, just keep quite and let them go. Nyawa Anda jauh lebih berharga daripada barang yang dia rampas. Kecuali dia ngambilnya Lamborghini, silahkan Anda perjuangkan sebisanya (sepertinya ini cuma berlaku untuk Hotman Paris).

No comments: