21 March 2008

Hidup di Negeri Orang: Transportasi

Terinspirasi dari kejadian tadi siang, akhirnya gua dapet bahan buat diomongin di blog TJ (tidak jelas) ini...

Hari ini, jum'at, 21 Maret 2008, sekitar pukul 12.00, gua seperti biasa berangkat ke mesjid menjalankan kewajiban sebagai laki-laki muslim. Baru beberapa langkah dari kamar, gua teringat kejadian seminggu yg lalu, yang membuat hati gua menangis...

-flashback ke seminggu yg lalu-
*males ngetik, copy aja ah*
Hari ini, jum'at, 14 Maret 2008, sekitar pukul 12.00, gua seperti biasa berangkat ke mesjid menjalankan kewajiban sebagai laki-laki muslim. Sesampai di depan asrama, ada orang rame pada ngumpul (cuman 3 orang sih..). Denger2 dari bisikan mereka, katanya akses keluar menuju mesjid belakang asrama (MBA) udah ditutup! Hah?! Gua ga percaya dengan apa yg tlah gua dengar... akhirnya gua tanyain langsung ke pak satpam. dia bilang "iya mas, jalannya udah ditutup. tadi aja ada satu rombongan pada balik lagi, trus naik bikun (FYI, bikun AKA bis kuning adalah transportasi utama di UI yg free total alias gratis sama sekali) gara2 jalan nya ditutup"...

hancur harapan gua... MBA yg slama ini jadi tempat bergantung puluhan bahkan mungkin ratusan anak asrama telah tiada. Kemana lagi kami harus melangkah? skarang udah telat banget bwt ngarepin bikun. Kaki ini tak berdaya untuk berjalan ke MUI. Klo masi ada waktu sih masih bisa gua paksain jalan, ngesot pun gua rela (yakin loe??!). tapi apalah daya, waktu udah makin mepet. batin gua berubah jadi medan perang antara si hitam dan si putih...
si hitam: ngapain lagi lu ki, bengong kaya orang boker... udah balik sana, kaga usah shalat jum'at... skali2 ini, ga papa kali...
si putih: lu orang islam bukan..? masa cobaan segini aja lu nyerah..? jaman nabi dulu ye, orang mesti melintasi gurun, mendaki gunung, menerjang badai, menantang ombak cuman bwt shalat cuy... elu cuman ga punya kendaraan, mesjid bertebaran dimana2... gitu aja lu nyerah, nyet...? banci'!
si hitam: mendingan skarang lu balik kanan, trus lu shalat zuhur aja sbg gantinya... mau gimana lagi, lu udah usaha kan... lagian enakan shalat di kamar kaleee, ga cape2 jlan ke mesjid sgala... ga perlu dengerin khutbah yg bkin lu ngantuk... ayolah... (sambil narik2 tangan gua)
si putih: yakin lu udah usaha....? ini mah bukan usaha cuuuy... lu baru jalan doang dari kamar ke sini... blom apa2... usaha lebih keras dongg.... cowo bukan... (lho? ko jadi mirip PPAM?)
si hitam: usaha lu udah mentok coy, udah kaga ada jalan laen... udah, pulang sono...
si putih: jangan, ki... (skarang sambil terisak2...)
si hitam: klo ga out of the rules bukan cowo namanya cuy...

akhirnya iman gua roboh... gua balik ke asrama bareng orang2 yg juga diporakporandakan imannya oleh si hitam... sampai di kamar, gua ga langsung shalat. Termangu, menyesali nasib. Seharusnya gua masih bisa usaha, masih banyak jalan. Akhirnya gua shalat juga, dengan penyesalan yg dalam tentunya...

-kembali ke masa kini-
Gua bertekad ga bakalan ngulang kesalahan yg sama. Gua melangkah dengan pasti. Baju koko melekat gagah di badan, tubuh dan rambut wangi abis mandi... Sesampai di depan asrama, eh si satpam masih ngomongin hal yg sama, "akses ke luar ditutup"... aku bingung sendiri... (sambil dinyanyiin). Akses ke MBA masih di denied. Ooy, tak adakah yg peduli dengan nasib kami...? Tolonglah, dengan membukakan akses itu saja sangat berarti bagi kami, wahai lelaki yg lembut hatinya (lu kira Fahri...?).
gua telfon dua orang temen, dua2nya lagi ga di asrama... waduh, anak2 yg laen pada shalat dimana nih? akhirnya gua nyerah pada kenyataan, jikalau harus dimangsa ama tukang ojek ini, gua rela asalkan shalat jum'at gua tunaikan... (ceileee)...
Naek ojek jadi pilihan terakhir gua bukan karena berat diongkos... bagi gua naek ojek seperti menyerah dengan ketidakberdayaan kita... dalam halusinasi gua, tuh tukang ojek kaya predator yg siap nerkam mangsa2nya. Mangsanya itu ya orang seperti gua pada saat ini... Sepertinya mereka yg bikin rencana ini sebagai jebakan, sampai2 gua tak berdaya dan terpaksa memilih jasa mereka yg tidak murah (tapi alasannya tetap bukan karena uang).

Singkat cerita, sampailah gua di MUI dgn membayar jasa kang ojek sebesar 5000 perak. Pas mau shalat, kebetulan di samping gua masi ada tempat kosong. Ya secara naluriah gua persilahkan orang yg di belakang bwt maju. Yg maju bapak2, dan seketika itu juga gua nyium bau yg kurang sedap, saaangat tidak sedap. Selidik punya selidik, ternyata bapak yg baru maju tadi sumbernya, lebih tepatnya mulutnya! Itu kombinasi antara bau rokok basi dan bau mulut akut yg bereaksi secara kimiawi dan mungkin dapat membunuh separoh penduduk Asia. Gua mikir2, nyari jalan keluar biar bisa jauh dari tuh bapak. Di depan udah keisi semua, di belakang gua juga. Terlintas di benak gua untuk maju ngegantiin imam biar bisa lepas dari belenggu bau mulut ini. Tapi entah mengapa feeling gua mengatakan itu ga mungkin. Akhirnya gua putuskan untuk menata hati kembali, mencoba ikhlas menerima cobaan ini. Gua shalat dengan segenap jiwa raga, berusaha menarik nafas sependek dan sejarang mungkin. Abis shalat gua ngos2an, idung gua bersimbah darah (ngga ding, boong...). Alhamdulillah, akhirnya gua berhasil juga menjalankan perintahMu, ya Allah... Gua salamin orang di kiri gua. Tak lupa pula gua salamin si bapak dengan tampang meminta maaf bercampur iba.
Karna uda terlanjur smpai di MUI, ya skalian gua keluar aja bwt belanja mingguan. Yah, mumpung lagi ga ada kerjaan...

Intisari dari cerita gua di atas sih sebenernya gua pengen bilang hidup tanpa kendaraan tuh lumayan menyiksa, apalagi di negeri orang.
Tiap hari gua kuliah naik bikun. Tapi naik bikun itu ga semudah yg lu bayangin cuy... sebelum naek, lu kudu nunggu dulu di halte. Kadang2 (sering malah) lamanya ga nahan oy. Yang ga tebel imannya biasanya langsung nyerahin harga dirinya ke kang ojek. Klo lagi mujur sih, begitu pantat nempel di bangku halte, ee tu bikun nongol. Langsung cabut dah... klo lagi ga gitu mujur, nunggu 10-15 menit, akhirnya nongol juga tuh si doi. Nah kalo lagi apess, bisa lebih dari setengah jam nunggu, kaga nongol2 juga! Apalagi klo pagi... gua uda sering tuh telat gara2 nungguin bikun seorang. Blom lagi di dalem desak2an, empet2an, kadang harus gantung2an di pintu (uda kaya stuntman aja gua...). Kadang2 malah ada sopir bikun yg nyebelin, kadang ditinggalin lah, ada yang lagi bad mood trus ugal2an lah... aaaarrrgggghhh, jadi makan ati ni gua.. Beda banget ya kalo di kampung sendiri... ada motor, ada mobil... mau kemana2, tinggal gass.... huaaah, menderita sejati nih di kampung orang...

Itu tadi kalo lagi hari kerja cuy... bikun aktif dari pagi ampe malem (meskipun seringkali ga optimal). Tapi klo uda tanggal merah, beuh... mau keluar asrama susahnya setengah mateng, eh setengah mati... bikun ga aktif, handphone juga (lho?). Klo mau keluar, ya klo ga naek ojek, harus jalan dulu dikit lewat kuburan trus lanjut deh naek angkot dkk. cape de...

Sekedar informasi, kayanya akses2 ilegal ke dan dari UI mulai ditutup cuy. Mulai dari jalan keluar menuju MBA. Dan tadi pas gua mau keluar lewat pocin, itu jalan udah ditutup. Jadi kendaraan uda ga bisa lewat, yg ada jalan bwt walker foot (pejalan kaki) doang. Apa semua jalan bakalan ditutup? Entahlah...

Secercah harapan yang kini sedang gua nanti2kan adalah sepecun, eh salah, sepekun (sepeda kuning). He he... Jalurnya sih udah bisa dibilang jadi. Tapi sepedanya masih blom keliatan cuy. katanya sih bakalan disediain sepeda2 yg nantinya bisa dipake anak2 UI secara gratis hanya dengan nunjukin KTM. Yay!!! Benar2 pencerahan bro bwt orang2 kaya gua... Semoga semua itu benar adanya... Amin...

2 comments:

Unknown said...

eh, di UGM udh ad loh sepeda gratis ntu...
smoga di UI jg sesegera mngkn ya..

btw2..emng asli mana??
keep writing ya..
tulisan2 lo bikin gw senyum2 sendiri..bikin kepenatan gw (gara2 kerjaan pastinya) bs ngedadak ilang..
thx to u (halah!!)

Anonymous said...

"sktd - jikustik"

kren dek, kren bgt blog nya!!

dtnggu yach tlisan2 br nya,

klo bs yg lbh knyol lg yach!!

lg kngen neh ma tlsn r2m,

ha... ha... ha...


selvi (^_~)