02 May 2017

Dehumidifier: Alat Ajaib Dari Doraemon #HelpfulPlace




Belum lama ini, saya dan istri mengalami fenomena aneh di rumah. Awalnya bagian bawah meja saya temukan ditumbuhi jamur. Kemudian lemari dan barang-barang kulit di dalamnya yang berjamur. Lama-lama celana saya yang digantung di belakang pintu berjamur, bahkan dompet kulit saya yang diletakkan di tempat terbuka juga dijamurin!
 
Suatu hari waktu kami baru pulang ke rumah, kami menemukan kamar seperti berkabut dan cermin besar yang ada di kamar tiba-tiba keliatan buram. Ternyata jamur! Padahal tadi sebelum ditinggal pergi baik-baik aja tuh kaca. Kejadian ini yang mengawali saya mencari tahu tentang fenomena jamur ini.

Hasil riset saya di Google, jamur muncul karena udara terlalu lembab. Udara lembab karena tidak ada sirkulasi udara. Karena itu juga kita sering sakit kalau tinggal di ruangan yang lembab. Terus untuk rumah yang hanya ada bukaan di bagian depan, gimana caranya agar udara bisa bergerak dan ga lembab?
Untunglah di dunia ini ada yang namanya DEHUMIDIFIER.

Humidifier mungkin sering denger ya, alat pelembab udara. Dehumidifier sebaliknya, yaitu alat untuk menghilangkan kelembaban udara. Dan dehumidifier ini harganya lebih mahal dari humidifier, bisa 2 sampai 3 kali lipatnya.

Berhubung kondisi di rumah sudah gawat darurat dan istri makin sering sakit tiap bangun tidur, akhirnya saya berburu barang langka ini. Kalau kita tanya di toko atau supermarket, nggak semua orang tau benda ini. Di internet pun jarang yang jual, hanya beberapa dan itupun second.
Suatu hari saya ada keperluan ke Ace Hardware, dan iseng aja nanya, "Ada dehumidifier ga?” Surprisingly, dia ngerti dan langsung anter saya ke tempat dehumidifier. Ada beberapa tipe, tapi saya pilih yang paling kecil berhubung kamar kami juga ngga gede.

Dehumidifier yang saya beli ini merknya Kris, which is di Indonesia hanya diimport dan dijual oleh Ace Hardware. Jadi kalau cari yang merk ini, pasti hanya ada di Ace atau second di internet.

Dehumidifier sang penyelamat
Ada settingan timer


Anyway saya hanya gunakan alat ini di malam hari saat tidur, lebih kurang 7 atau 8 jam. Di pagi hari, tangki penampung air dengan kapasitas 3 L bisa penuh. Artinya selama kami tidur, ada 3 L kandungan air di dalam udara. Ini lho yang menyuburkan jamur dan bikin sakit! 3 L itu sama dengan 2 botol air mineral yang paling gede, banyak bos!

Bagian bawah yang warna putih adalah tangki nya

Trus efeknya gimana? Efek pertama yang kami rasakan adalah istri saya tidak pilek lagi pas bangun tidur. Ini kemajuan luar biasa buat kami \o/ Jamur? Alhamdulillaah di kamar udah ngga ada (atau paling tidak jauh berkurang). Lemari, dompet, pakaian semuanya aman dari jamur. Efek lainnya udara jadi lebih hangat, karena cara kerja alat ini adalah menghisap udara di sekitarnya dan mengeluarkannya menjadi udara yang kering & hangat.

Sejauh ini kami cukup puas dengan hasil kerja alat ajaib ini. Buat saya pribadi, ada kepuasan tersendiri dengan pengalaman menemukan masalah, mencari solusi, mengeksekusi, dan mendapat hasil seperti yang diharapkan. Jarang-jarang saya punya masalah dengan rumah dan menyelesaikannya dengan baik. Kayak Nobita yang dapat solusi gampang dari Doraemon. That's why it's so satisfying for me :D

#HelpfulPlace



No comments: